Misteri Kota Yang Hilang

Pengarang   : Agustina Soebachman
Genre            : Sejarah - Kuno
Penerbit        : Syura Media Utama
Tahun             : 2013
Tempat          : Yogyakarta
Kolasi            : 168 halaman
Kode Buku    : 135 SOE m
ISBN              : 9786027608504
Abstrak          : 
 
Antilia adalah sebuah pulau misterius yang dipercaya pernah ada di muka bumi ini. Namun sekarang, keberadaannya tidak dapat ditemukan dan masih menjadi teka-teki. Dalam legendanya, Antilia adalah sebuah pulau yang terkenal sekitar abad 14-15 selama penjelajahan di Samudera Atlantik.
Tempat yang dipercaya sebagai Antilia terletak di perairan sebelah barat Spanyol dan Portugal. Pulau ini dikenal juga dengan nama "Pulau dengan 7 kota" atau ilha das sete cidades (dalam bahasa portugal). Cerita mengenai Antilia berasal dari Semenanjung Iberia (Semenanjung ini meliputi daratan Portugis, Spanyol, dan sekitarnya) dan dimulai sejak tahun 714, yakni ketika Islam mulai masuk daratan Spanyol.
Saat itu 7 pendeta visigothic melarikan diri dengan kapal dan berlayar ke barat Samudra Atlantik. Mereka kemudian mendarat di sebuah pulau dan mendirikan 7 pemukiman. Keberadaan legenda pulau ini mulai terkenal pada awal 14000-an. Tercatat pada peta yang dibuat Zuane Pizzigano, seorang kartografer dari Venezia, Italia. Peta tersebut mencatat bahwa terdapat 2 pulau berbentuk segi empat di sebelah barat Spanyol.
Setelah tahun 1492, daerah utara Samudera Atlantik mul;ai secara rutin dilayari oleh para pelaut. Hal ini membuat samudera Atlantik menjadi lebih akurat dipetakan dengan data-data dari para pelaut saat itu. Hampir semua peta yang ada saat itu mencantumkan sebuah pulau segi empat yang dipercaya sebagai Antilia. Ada lebih dari 20 peta yang menunjukkan pulau misterius ini.

Meskipun nama yang dicantumkan dalam setiap peta berbeda-beda, kenyataannya ada beberapa kemiripan arti nama, tempat, dan deskripsi yang menunjukkan sebuah pulau dengan 7 kota. Nama ketujuh kota yang dimaksud adalah Aira, Antuab, Ansali, Anseselli, Ansod, Ansolli, dan Cod. 
Dalam buku ini disebutkan juga tentang legenda Pulau Antilia. Konon Pulau Antilia sebenarnya Puerto Rico, yaitu sebuah negara kecil di perairan Karibia. Apa alasan pendapat demikian? Sebab deskripsi tentang pulau Antilia yang meliputi keadaan, tempat, iklim, cuaca, pelabuhan, gunung, dan lautan mirip dengan yang ditemukan di Puerto Rico.
Tak seperti legenda Atlantis yang membuat banyak orang berspekulasi tentang keberadaannya. Dalam kasus Pulau Antilia ini hanya ada satu tempat, yaitu Samudera Atlantik di sebelah barat Portugal dan Spanyol. Karena hingga saat ini tak ditemukan bukti mengenai keberadaannya, entah tenggelam ke dasar samudera atau hanya merupakan legenda, Pulau Antilia dengan 7 kotanya tetap misterius.
Selama berabad-abad, peradaban manusia selalu berganti. Ada beberapa yang masih bertahan dan sisanya terkubur tanpa pernah ada catatan pasti. Akibatnya, timbul banyak spekulasi yang dikaitkan dengan mitos-mitos kebudayaan setempat termasuk dalam hal hilangnya beberapa kota di dunia.
Namun, persoalan kota yang hilang bukan sekedar mitos-mitos yang dikembangkan dari sejarah nyata. Ada banyak kota modern yang akhirnya mengalami nasib serupa akibat berbagai alasan. Beberapa kota bahkan mengalami nasib naas akibat faktor perang, kondisi alam, atau faktor ekonomi. 
Apa yang telah terjadi, terjadilah. Dan kita, mungkin sulit untuk mengulanginya kembali apa yang telah terjadi mestinya bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua tentang semua kisah perihal kota-kota yang hilang.

Silahkan membaca koleksi buku ini
hanya di Perpustakaan SMA Negeri 3 Yogyakarta

0 komentar: